Wednesday, November 9, 2011

9. Unta Atau Awan?


أبل abala menerima unta, menjaga unta; menjauhkan diri dari istri; أبِيْل rahib; kepala pendeta; إِبَالَةٌ kelompok, kumpulan. Kata إِبِلٌ muncul tiga kali dalam Al-Qurãn, dan أبَابِيلُ sekali.
     إِبِلٌ [kata benda jamak, dalam bahasa percakapan berarti unta jantan maupun betina, tak ada bentuk tunggalnya] 1 unta (6: 144)  وَمِنَ الْإبِلِ اثْنَيْنِ وَمِنَ الْبَقَرِ  sepasang unta dan sepasang sapi 2 awan (menurut sebuah tafsir atas ayat (88: 17)  أَفَلاَ يَنْظُرُونَ إِلَى الإِبِلِ كَيْفَ خُلِقَتْ apakah mereka tidak memperhatikan bagaimana awan terbentuk? [terjemahan versi lain: tidakkah mereka perhatikan bagaimana unta diciptakan?].
        أبَابِيلُ abãbîl [jamak dari إِبَالَةٌ ibãlatun], أَبُولٌ abûl(un) atau  إِيْبَالَةٌ  îbãlatun adalah katabenda jamak yang tak ada bentuk tunggalnya] kumpulan ternak (terutama yang sedang berjalan), berbagai kelompok, ombak yang bersusulann (105: 3) وَأَرْسَلَ عَلَيْهِمْ طَيْرًا أَبَابِيْلَ yakni Dia (Allah) melepas (mengirim) segerombolan burung menyerang mereka. Segerombolan burung itu didatangkan, konon, untuk menggagalkan usaha Abrahah, penguasa Kristen di Selatan Arab, yang menyerang Ka’bah. Ada sumber (hadis?) menyebutkan peristiwa itu terjadi tahun 570 Masehi, dan selanjutnya tahun kejadian itu disebut sebagai Tahun Gajah. Disebutkan pula bahwa Tahun Gajah itu adalah tahun kelahiran Nabi Muhammad.

No comments:

Post a Comment